Dalam Menyempurnakan Kurikulum, Program Studi Pariwisata Melakukan FGD Eksternal seperti Dinas Pemerintah, Asosiasi, Himpunan, Akademisi.

Rabu, 10 Mei 2023 – bertempat di Lantai 4, Gedung Kuliah Umum (GKU) ITERA telah dilakukan FGD Visi, Misi dan Kurikulum Prodi Pariwisata yang dihadiri oleh berbagai pihak Dinas Pariwisata Kota/Kabupaten, Asosiasi, Himpunan maupun Akademisi kampus di Provinsi Lampung.

Pembukaan kegiatan FGD ini dibuka oleh Rektor ITERA Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha (Rektor ITERA), beliau menyampaikan harapan yang besar “Lampung sebagai salah satu provinsi di Indonesia memiliki potensi alam dan budaya yang bisa dikembangkan sebagai objek wisata, semoga Program Studi Pariwisata dapat turut meningkatkan pengembangan pariwisata Provinsi Lampung kedepannya”.

Acara selanjutnya yaitu pemaparan terkait materi FGD oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Saluddin S.H., M.Si., beliau menyampaikan terkait peluang sarjana pariwisata dalam pembangunan pariwisata. Selanjutnya, sarjana pariwisata cukup dibutuhkan dalam penyerapan tenaga kerja di Lampung dan diharapkan dapat berkontribusi pada sisi infrastruktur dan destinasi yang selama ini dirasa kurang memenuhi.

Beliau juga menyampaikan bahwa pengembangan pariwisata menimbulkan efek ekonomi kepada masyarakat sekitar. Pariwisata dapat meningkatkan pendapatan devisa, menciptakan lapangan kerja, merangsang pertumbuhan industri pariwisata, oleh karena itu dapat memicu pertumbuhan ekonomi.

    Kemudian pemaparan materi dilanjutkan oleh Kaprodi Pariwisata Asep Nurul Ajiid Mustofa, S.T., M.T., beliau menyampaikan terkait visi, misi serta kurikulum Prodi Pariwisata. Kedepannya Prodi Pariwisata akan melakukan evaluasi dan monitoring terhadap kurikulum untuk memasukkan variabel asosiasi sebagai salah satu himpunan yang akan turut mensukseskan pengembangan prodi.

    Adi Susanto (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia dan DPD Astindo Lampung) memberikan masukan untuk membuat perhimpunan (asosiasi) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia dan DPD Astindo Lampung sebagai salah satu variable dalam penyusunan masukan-masukan pada prodi pariwisata bukan hanya dinas terkait. Diharapkan Prodi Pariwisata tidak hanya memiliki cita-cita menjadi ASN saja namun berperan aktif di kegiatan pariwisata yang sebenarnya.

      Acara ini ditutup dengan proses penandatanganan MoU Kerjasama antara dinas terkait, serta para Asosiasi, Himpunan, maupun Akademisi lainnya. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan kontribusi pada sektor Pariwisata khususnya merangsang pertumbuhan industri pariwisata, oleh karena itu dapat memicu pertumbuhan ekonomi.

      Leave a Comment

      Your email address will not be published. Required fields are marked *